WELCOME TO OUR WEB BLOG

Selamat datang di Web Blog Salah Satu Event Terbesar Paskibra, Lomba Gerak & Variasi (LOKASI. Paskibra SMAN 1 Cikarang Utara. Tema Lokasi Tahun ini adalah "Liberte ~ Egalite ~ Fraternite"

Rabu, 04 Februari 2009

Esensi Lokasi

. Rabu, 04 Februari 2009


Esensi Lokasi Bagi Paskibra Sekolah
Oleh : Arya


Lokasi bukan sekedar implementasi dari program kerja pengurus semata, melainkan sebuah trobosan besar demi kemajuan prestasi Paskibra dimasa depan khususnya Paskibra SMAN 1 Cikarang Utara yang dirancang sedemikian rupa melalui histori yang panjang. Lokasi terbentuk tidak begitu saja seperti membalikkan telapak tangan. Namun terbentuknya lokasi adalah sebuah perjuangan yang secara berkesinambungan terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan kondisi zaman.

Sebuah event lomba besar sekaliber lokasi dan lomba-lomba serupa sudah barang tentu dipromotori bukan dari siswa-siswi itu sendiri tetapi pastinya ada sebuah sistem dibelakang kegiatan tersebut. Entah apakah itu alumni atau memang perpanjangan tangan dari kegiatan sebelumnya yang dirintis dari bawah.

Sebut saja lokasi yang diprakarsai oleh siswa-siswi Paskibra SMAN 1 Cikarang angkatan 1998, bukanlah sebuah program kerja yang dirancang seperti pada umumnya. Kegiatan lokasi muncul secara murni dari lubuk hati yang terdalam untuk menunjukan sebuah kemampuan, sebuah obsesi, dan rasa tidak ingin diremehkan. Konflik internal membuka cakrawala berfikir mereka menjadi orang yang radikal tetapi mampu menunjukan sebuah kekuatan yang besar. Dengan keinginan dan semangat yang menggelora tampaknya konflik yang terjadi bukan menjadi kendala atau penghambat keinginan untuk maju. Begitulah semangat angkatan 1998 yang sampai sekarang masih tetap ada didalam lubuh hati mereka yang terdalam.

Alhasil lokasi yang telah berjalan hampir 8 tahun lebih ini maju pesat menyaingi pendahulu-pendahulunya. Bukan hanya itu lokasi yang awalnya biasa-biasa saja menjadi luar biasa, sebagai figur sentral event lomba khususnya di Kab. Bekasi. Keharuman nama lokasi menjadi idam-idaman paskibra sekolah baik di Kabupaten Bekasi itu sendiri maupun di daerah Jawa Barat pada umumnya untuk saling unjuk kebolehan dibidang baris-berbaris. Memang lokasi di tujukan untuk unjuk kebolehan dibidang baris-berbaris.

Lebih kurang 8 tahun lokasi mengalir bagai air yang tak berujung. Siapakah yang membuat jalan tersebut sehingga lokasi berjalan tanpa henti-hentinya setiap tahun, bahkan terus maju pesat seakan tak ada rem yang mampu mengendalikannya. Kebanyakan orang tidak tahu siapakah yang berperan dibalik layar lokasi itu sendiri. Dan kita tak perlu tahu siapakah orang yang selama ini berperan memajukan lokasi. Biarlah lokasi maju sebagaimana air yang mengalir itu. Dan semoga orang yang telah memajukan lokasi mendapat balasan yang lebih baik.

Lalu apakah esensi lokasi bagi paskibra itu sendiri? Umumnya lokasi hanya menjadi ajang untuk berkompetisi dibidang perlombaan dan ingin mendapatkan juara. Jawaban tidak demikian.

Pertama; lokasi terbentuk atas dasar semangat dan keinginan untuk maju, oleh karena itu sudah selayaknya rekan-rekan paskibra sekolah mencari pelajaran dan hikmah dari lokasi dan bukan hanya mengejar prestise sang juara semata. Banyak hal yang dapat rekan paskibra dapatkan dari lokasi itu.

Kedua; Belajar untuk menggali potensi diri anggota paskibra baik itu paskibra SMAN 1 Cikarang ataupun peserta lomba. Dengan mengikuti perlombaan seperti lokasi atau sejenisnya selayakanya menjadi pemicu semangat menjadi lebih baik. Event lomba seperti lokasi ini merupakan momentum sebagai uji perbandingan dalam hal prosentase kinerja pengurus paskibra di sekolah masing-masing. Tentunya sebagai bahan referensi wacana kedepan dalam membuat program kerja.

Ketiga; Memberikan pelajaran organisasi yang tidak didapat didalam pelajaran kelas. Terlaksananya lokasi didukung oleh manajemen yang baik dan pembekalan-pembekalan yang turun-temurun dari kakak-kakak kelas. Himah dari lokasi bukan berhasil tidaknya pelaksanaan lokasi tetapi fase-fase sampai menuju lokai itulah yang penting. Dimana seorang anggota paskibra dilatih tidak sekedar paham dan mampu untuk membuat proposal tetapi juga mereka harus mampu mempromosikan kegiatan kepada pihak sponsor. Secara otomatis disinilah segi positif dari kegiatan lokasi, dimana seorang anggota dituntut tidak hanya mampu untuk sekedar mengibarkan bendera juga harus mampu memanajemen sebuah kegiatan yang didalamnya mereka harus belajar memimpin diri sendiri dan orang lain.

Keempat; Lokasi harus menjadi wadah persahabatan antara anggota paskibra diseluruh jawa barat pada khususnya dan indonesia pada umumnya. Bukan lagi menjadi wadah perpecahan. Menang kalah sudah biasa, apalagi yang sudah sering juara, tidak usah gelisah jikalau kalah justru harus dijadikan alat intropeksi diri. Begitu juga bagi yang menang jangan terlalu bangga diri hingga lupa diri.

Marilah kita menjadikan lokasi sebagai wahana belajar, saling tukar informasi dan juga tempat untuk saling berkenalan. Menjalin hubungan persahabatan dari tidak kenal menjadi kenal, dari tidak tahu menjadi tahu. Bukankah arti teratai mengartikan demikian. Antar pelatih yang satu dengan pelatih yang lain tidak saling gontok-gontokkan. Antara pembina yang satu dengan pembina yang lain saling akur. Marilah kita saling menutupi kekurangan teman-teman kita, bukankah sesama muslim itu bersaudara?

Warnet dengan model lesehan, pas buat Anda yang sedang menunggu buka puasa. Hanya di sentralnet Cikarang Jl. KH. Dewantara (depan SMPN 1 Cikarang Utara)

Chat Room

 
Indonesia Gempa Lagi
Be
lum sedih penderitaan dan rasa trauma yang dirasakan penduduk Indonesia, khususnya pulau Jawa, ...Indonesia harus menangis lagi, kenapa?... Lanjut
Maju Terus
Geliat anak-anak pasus86 ini semakin menggila saja, pasalnya mereka tidak abstain dalam setiap perlombaan baik di daerah maupun di luar daerah...Lanjut
Flashback

"Sembilan tahun berlalu, bersama sang waktu yang berjalan mengitari siang dan malam. Disanalah aku berpijak mengawali sebuah perjalanan nan panjang sebagai satu catatan dalam sejarah kehidupanku"...Lanjut

LOKASI is proudly powered by Blogger.com | o-om.com | Admin By: Kang Arya, Kang Bobby